Sabtu, 22 Oktober 2011

SUKSES ITU ......

 
Assalamu'alaikum.....
Suka ndak suka....Bosen ndak Bosen...pokoknya kulo tetep Ndongeng....heheh..
Bingcara mangsalah Kesuksesan...entah itu sukses di bidang usaha, pendidikan, karir, jabatan dan bidang2 lainnya... Bagi orang yang masih waras pasti berharap akan kesuksean itu..... sebab sukses adalah sesuatu yang tercapai manakala kita mengharapkan atau berkeinginan berhasilnya harapan itu.
" Tapi... mbah....utk jadi sukses itu ndak gampang lho...sulitnya minta' ampun mbah...."..
" Bener le... utk mencapai sukses itu tak semudah mengucapkannya.....sebab dalam perjalanan menuju sukses itu pastilah banyak sandungan2 yg terkadang membuat kita patah semangat, mboseni, kecewa, dan mingsih banyak lagi....ujiannya....."
" Ya mbah...bener...hla wong kang Karto Ndableg yang sekarang sdh jadi Lurah itu....sebelum jadi Lurah aja sampe hampir stress lho mbah....."
" Hladalah....Stress gimana to le....??"
" Haa..iya..mbah...hla itu..dia sampe njual tanah...njual sapi...njual apa saja yg bsa di jual utk bisa jadi Lurah je mbah......."..
" Walah...walah.....itu mau jadiu Lurah apa mau Judi keplek to le....hla kok sampe ngongso bgitu......"

Yahh...begitulah terkadang orang berpikir bahwa sukses itu harus jadi Pejabat, Harus jadi Wong Terpandang,harus jadi Wong Sugeh mblegedug... sehingga segala cara utk itu di lakuken demi sukses menurut dirinya sendiri... hla kalo sudah bgini pastilah segala cara di lakukan meski lewat cara yg gak bener, main sogok2an, suap2 an, sikut2an demi tercapainya harapan itu......

Apa to ukuran sukses itu...menurut Islam...
Sukses yang di alam pikiran mereka hanyak sukses secara duniawi..sukses yg di ukur dengan harta, dengan jabatan maupun dengan gengsi.... Jika pangkatnya naik, jika karirnya meningkat, jika gajinya nambah.... kekayaannya melimpah, jika terpilih menjadi pimpinan, pengikutnya banyak dan semisalnya..... Itulah tolok ukur kesuksesan menurut sementara orang. Gambaran kesuksesan sebagaimana disebutkan tadi, adalah kesuksesan diukur dari sudut pandang materi.
Akan tetapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa materi memang sangat melengkapi kesuksesan seseorang, tetapi, sejatinya materi hanyalah bagian kecil dari kesuksesan atau pelengkap kesuksesan bukan satu-satunya kesuksesan, itupun jika materi dikelola dengan petunjuk agama. Jika tidak, justru kebangkrutan yang akan didapat dan bukan kesuksesan.
Sebagaimana ditunjukkan dalam doa khairuddunya wal akhirah yang juga dijelaskan dalam QS Al Baqarah: 201, Dan kesuksesan yang sebenarnya adalah kesuksesan yang meliput dunia akhirat. Kesuksesan paripurna sebagaimana disebutkan di atas, secara lebih mendetail dijelaskan dalam hadits nabi shalallahu alaihi wasalam dalam sebuah doa yang wajib diucapkan setiap muslim,
“Ya Allah sukseskanlah untukku, agamaku, karena ia adalah benteng keselamatan urusanku. Sukseskanlah untukku duniaku, karena ia adalah tempat kerjaku (tempat hidupku). Sukseskanlah untukku akheratku, karena ia adalah tempat kembaliku, Jadikanlah waktu hidupku penambah setiap kebaikan, kematiaanku pemutus setiap keburukanku” (HR Bukhari)

Jadi..Sukses itu bukanlah hanya sebatas materi dan kedudukan, akan lebih bijak lagi apabila sukses itu yang bisa menyelamatkan kita di dunia dan akherat kita kelak..
"Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal" (QS. Al hujarat [49]:13)

Cekap semanten....Smoga ndak mboseni dan ada mangpa'atnya .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar