Minggu, 23 Oktober 2011

BEBAS = MBABLASSS....

Dongeng Melek Moto...Assalamu'alaikum...

Sore itu Mbokde Darmi kedatangan tamu wedhok yang sedang nangis membik-membik. Setelah ditanya, ternyata tamunya itu seorang Artis sekaligus Sutradara terkenal yang bernama Endang Semokwati

“Ada apa tho nduk, kok pakai acara nangis segala?”
”Oalah mbokdhe, pilem saya disensor dan dipotongi abis-abisan sama Basopil (Badan Sensor Pilem).
“Hla mbok sabar tho nduk..ndaksah prengat prengut gitu..…
”Sabar gimana..? Ini namanya pemasungan kebebasan berekspresi. Mbikin pilem yang kayak punya saya itu susah lho. Apalagi itu pilem saya bintangi sekaligus saya sutradarai sendiri…
“ Lha memangnya kenapa kok banyak dipotongi adegannya?”
“ Ha embuh tuh si Basopil itu… Ada adegan bagus yang jarang ditemui di dunia sinematograpi dipotongi abis-abisan. Itu adegan dimana saya lagi meking lop sama lawan main saya. Ha kok adegan berdurasi 10 menit itu diprotholi tak bersisa…

“ Sik..sik..sik … ha kok adegan meking lop itu gimana maksudnya? Saya gak mudeng boso Londo lho nduk..”…

“Itu adegan sangat artistik, menentukan keseluruhan isi pilem. Saya sudah susah payah mengekspresikan gimana tho wajah orang orgasme itu… Lha sudah saya bela-belain main setengah telanjang lho..malahan dipotong, di kethok..”
“ Lho… kok pakai acara orgasme barang.. Iki opo tho?”
” Gini lho mbokde, saya itu sedang mengekspresikan adegan meking lop yang artistik. Ini adegan susah, sudah kembola-kembali diulang. Saya saja sudah rela di elus-elus, ha kok seenaknya dipotongi dan disensor. Itu namanya menghalangi hak penonton untuk mendapatkan isi keseluruhan pilem saya.. makanyah saya mau nuntut...”
Mbokde Darmi geleng-geleng kepala ndengerke wadulannya si Endang ini...hla wong pilem yang ndak patut, di sensor kok membik-membik nesu.....
“Nduk.., sampeyan kenal sama si Dyah Ayu Nyahnyohwati?
“ Sapa tho itu mbokde...?”
“ itu lho, pekerja seks yang bekerja di Sanggar Pakenthon “Gelinjang Jaya”. Lha dia itu jelas-jelas pekerja seks, propesinya dianggap memalukan, tapi setahu mbokdhe, dia itu kalo lagi mau nglayani tamunya pasti nyari tempat yang tersembunyi. Entah pesan kamar, atau ndelik di bawah pohon sawo kecik itu. Lha sampeyan yang katanya propesinya terhormat kok malah meking lop pingin dipenthelengi wong sak jagad abuh… mbokdhe gak habis pikir....."
”Lho ini bukan masalah malu dan tidak malu mbokde, tapi kebebasan mengutarakan pendapat itu penting..”
“Mblegedhess...Pendapat opo yang mau sampeyan sampaikan? Ha wong isinya wong lanang ereksi sama wong wadon orgasme gitu lho.. Biarlah masing-masing hal itu menempati tempat dan posisinya masing-masing. Biarlah orang yang nglakoni ritual pakenthon tetep di tempatnya yang tersembunyi, gak usah dibebaskan buat dipenthelengi. Biarlah yang ngising mbenjret tetap tersembunyi di WC, jangan dibongkar itu toilet seluruh kota hanya agar terpuaskan napsu sampeyan yang ingin melihat keindahan orang sedang nangkring dan ngeden di jumbleng…
“Lho tapi gini mbokdhe….”...
“ Sudahlah apapun alesanmu, pilem kamu itu tetep saja pilem moral bejat...di keraton Hastina ini punya adab dan etika. Pelacur dan gigolo saja punya kode etik lho yu.. opo sampeyan gak malu sama diri sampeyan sendiri.... Sudahlah gak usah nangis, mungkin di negeri lain bisa saja begitu, tapi ini Hastina nDuk… Lha sampeyan sekolah akting dimana tho, kok bisa menghasilkan otak kayak sampeyan ini?....dasar cah gemblung...."
Terkadang hanya karena dengen alesan Seni, alesan Bebas menyampaikan pendapat dan bebas berekpresi malah kebabalasan mematikan hati nurani dan manjatuhkan harga diri mensetarakan diri dengan kaum hewani......Naudubillahiminzalik......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar