Selasa, 25 Oktober 2011

M E R T O B A T ....

 
Hidup bergerak cepat. Waktu bergeser, umur bertambah, zaman berubah. Demikian juga diri kita. Gak terasa sudah puluhan tahun menghirup oksigen peparingane Gusti Kang Murbeng Dumadi.

Seakan baru kemarin simbah plotrok-plotrokan sarung di masjid kampung simbah. Masih terekam kuat jaman nom-noman, sering meden-medeni orang yg lewat dengen guling yg di iket digantungke di atas pohon jambu dan pas ada orang lewat trus dijatuhke...hla orang itu pastine kaget dan gembwor sak kayang-kayange sambil lari kenceng nyangking srandalnya bahkan ada yg sampek nibo tangi.....dan saya sama temen2 lgsung ngakak bareng...sampe kepuyuh-puyuh, wes pokoknya adegan-adegan mbeling bin nggasruh sering simbah lakukeb tanpa beban, dan ndak berpikir akan resiko-resikonya...ya...yang penting Heppy........kayak iklan rokok wae..."wani piro...!"

Tapi itulah masa muda. Waktu berjalan tanpa beban. Nggak tahu lah, semakin tua semakin berat menjalani waktu. Mungkin sudah terlalu banyak dosa terbikin, sudah terlalu sering aturan Sang Pencipta terlanggar, dan menambah semakin kerasnya hati.

Gobloglah mereka yang berpikir, " kalo mau ngibadah, entar aja ah, kalo udah bangkotan. Mumpung masih muda dipuas-puasin dah..". Mengapa goblog? Soalnya apa yang terjadi di masa tua dibangun oleh masa mudanya. Menabur klentheng, menuai kapuk randhu. Menabur kecik, menuai sawo. Menabur pongge, menuai duren. Menabur beton, menuai jalan tol......eh..nangka ding.

Beberapa hal soal kematian kadang-kadang di luar dugaan kondisinya. Ada orang-orang tertentu yang dhohirnya rajin ngibadah, tapi saat ditalkin susahnya minta ampun. Bahkan sebaliknya, pernah ada, seorang yang masih muda mantan pentolan MOLIMO, ha kok saat di talkin mulutnya dengan entheng bisa ngucap kalimat tahlil. Rahasia apa gerangan ini..?

Apakah karena si tukang ngibadah itu gak ikhlas ibadahnya? Dan si mantan pelaku MOLIMO itu sungguh-sungguh mertobatnya? Semuanya masih ghoib.

Namun ketika kita bersinggungan dengan aroma sekaratul maut ini membuat kita berpikir, gimana ya nanti kalo mengalami sekarat? Apa ya gampang mengucap kalimat yang mbikin kusnul kotimah? Apa ya segampang sekarang ngucapinnya?

Saya dan sampeyan semua pantas was-was. Lha kalo pas sekarat isinya malah misuh-misuh thok apa gak blaik? Padahal wis kaji, padahal guru ngaji, padahal tokoh masyarakat disegani , padahal tiap dia muncul orang-orang sama mundhuk-mundhuk kasih hormat. Mbareng titi wanci mendekati sang maut malah sendat ulur-sendat ulur... lak yo malah ngisin-ngisini ahli warisnya to....

sebenernya jasad kita itu kayak ngibarat gelas. Jika pecah akan keluar isinya. Tinggal gelas itu diisi apa? Kalo diisi kopi, begitu gelasnya pecah ya keluar kopi. Kalo diisi susu ya keluar susu, kalo diisi racun ya keluar racun. Pecahnya gelas adalah gambaran maut yang menjemput.

Mangkanya saat ini sampeyan isi apa gelas sampeyan? Lha sibuk ngisi gelas dengan urusan-urusan hidup, maka saat sekaratnya ya itu yang muncul. Bayangan kalo mati muda, banyak di antara kita gelasnya ternyata berisi cicilan rumah yang belum lunas, cicilan motor yg mbikin mecicil, kuliah S2 yang masih setengah semester lagi, calon isteri yang semlohai yang ngawe-awe di kejauhan nunggu dilamar, atau anak isteri yang butuh diopeni tiap hari, dan segala macem urusan dunia tanpa mennyentuh urusan akherat...lak yo blaik to....

Tobat tidaklah semudah membalik telapak tangan. Jikalau usia muda dihabiskan untuk ngedan, maka semakin tambah usia akan semakin sinting. Jika di usia muda habis untuk hura-hura, jangan harap saat tua langsung bisa berubah drastis. Bahkan mungkin akan semakin hebat hura-huranya.

Mari gunakan kesempatan yang tersisa ni sebaik-baiknya utk instropesi diri dan mertobat. Jangan menunda mbesok ataupun tahun depan apalagi nunggu sampe bangkotan untuk mertobat. Hidup ini singkat. Umur berjalan secepat kilat. Kita gak tahu kapan dijemput malaikat. Jika sudah paham ini, kurangilah maksiyat.... Yang sudah biarlah lewat. ....Sholat tobat dua rakaat..... Mohon ampun dan tetapkan niat..... Mulai besok berusahalah untuk taat. ....Mengumpulkan bekal untuk hari kiamat.... Supaya biso slamet dunia akherat....
Cekap semanten ocehan singkat, nuwunsewu bila ada yg lepat..yg ndak suka silakan lewat....yang suka monggo merapat, smoga ada mangpa'at......tamat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar